Weekly Update #34 – Perkembangan Industri Baja
Sumber: SEAISI, Eurometal, Steel Orbis, GMK Center, AISU Steel
Market
Steel prices in the fourth week of August 2024
Menurut harga yang diumumkan di pasar baja global, harga scrap sebesar $360 per ton, turun $10 dibandingkan harga minggu lalu, dan harga bijih besi mencapai $97 per ton, naik $4 dibandingkan harga minggu lalu.
Sementara itu, harga billet berada pada kisaran $465-490 per ton, sedangkan minggu lalu berada pada kisaran $465-490 per ton, dan harga rebar berada pada kisaran $570-580 per ton, sedangkan minggu lalu berada pada kisaran $575-590 per ton.
Harga wire rod dan HR coil mengalami penurunan masing-masing sebesar $10 per ton dan $20 per ton. Harga wire rod menjadi berkisar antara $580-590 dan HR coil berkisar antara $470-480 per ton. Sedangkan harga CR coil 1mm mengalami kenaikan sebesar $3 per ton menjadi berkisar antara $515-520 per ton.
Sumber: Steel prices in the fourth week of August 2024 - Arab Iron and Steel Union
Chinese HRC varies in different markets
Harga hot-rolled coil mengalami kenaikan minggu lalu karena sentimen pasar yang membaik. Namun, harga ekspor di pasar internasional tidak meningkat secara signifikan, bahkan sedikit menurun di beberapa pasar, menurut Kallanish.
Di Shanghai pada Jumat sore, HRC Q235B 5,5x1.500mm diperdagangkan pada kisaran CNY 3.180-3.200 per ton ($446-448 per ton), naik CNY 30 per ton dibandingkan minggu sebelumnya. Di Shanghai Future Exchange, kontrak HRC untuk pengiriman Oktober 2024, yang paling banyak diperdagangkan, turun CNY 28 per ton dibandingkan Kamis tetapi naik CNY 58 per ton dibandingkan minggu sebelumnya menjadi CNY 3.219 per ton.
Sementara itu, di Wuxi pada Jumat sore, harga pelat Q235B 20x2.000mm tetap stabil di kisaran CNY 3.250-3.270 per ton, tidak berubah dari penilaian sebelumnya.
Sumber: Chinese HRC varies in different markets | SEAISI
European HRC market remains quiet; expectations mixed
Pasar hot-rolled coil di Eropa tetap lesu pada hari Jumat, 23 Agustus, di tengah penurunan aktivitas selama liburan musim panas, menurut beberapa sumber Fastmarkets.
Permintaan tetap rendah, dengan sebagian besar pelaku pasar memperkirakan bahwa perdagangan akan meningkat pada bulan September.
Pabrik-pabrik di Eropa Utara menawarkan HRC dengan harga sekitar €620 ($690) per ton EXW, menurut Fastmarkets. Namun, produsen cenderung menurunkan harga jika ada penawaran yang lebih kuat.
Beberapa transaksi terdengar berada di kisaran €580-590 per ton EXW.
Sumber industri memperkirakan harga pasar yang dapat diperdagangkan ada di sekitar €590-620 per ton EXW.
Fastmarkets menghitung indeks harian HRC domestik EXW Eropa Utara sebesar €601,83 per ton pada hari Jumat, turun sedikit sebesar €0,67 per ton dari hari sebelumnya yang berada pada €602,50 per ton.
Indeks tersebut turun sebesar €8,67 per ton dibandingkan minggu sebelumnya dan turun sebesar €26,42 per ton dibandingkan bulan sebelumnya.
Sumber: European HRC market remains quiet; expectations mixed - EUROMETAL
German rebar pricing fluctuates minimally
Pasar rebar di Jerman menjadi subjek komentar yang beragam terkait apakah harga pabrik lebih tinggi, lebih rendah, atau tetap sama dibandingkan minggu-minggu sebelumnya, menurut Kallanish.
Seorang distributor di Jerman Selatan baru-baru ini membayar sedikit lebih mahal untuk pesanan rebar dibandingkan dengan pesanan terakhirnya pada akhir Mei, menurut seorang manajer perusahaan. Kenaikan harga tersebut sekitar €10-20 per ton ($11-22), jelasnya. Pengamat lain yang berbasis di Ruhr setuju, karena ia mendengar adanya penawaran harga hingga €650 per ton yang sudah termasuk ongkos kirim ($726), jika tanpa tambahan biaya tetap sebesar €265, harga dasarnya menjadi €385 per ton.
Namun, seorang manajer di Lower Saxony menepis kenaikan harga baru tersebut. Dia mengatakan bahwa transaksi terakhirnya untuk wire mesh sebenarnya €5 per ton lebih rendah dibandingkan awal musim panas. Secara keseluruhan, dia menemukan bahwa harga hampir tidak berubah selama musim panas, berkisar pada €620 per ton yang sudah termasuk ongkos kirim, atau sedikit lebih tinggi.
Sumber: German rebar pricing fluctuates minimally - EUROMETAL
German rebar mills eye Polish sales, lose workers
Penjualan rebar di Jerman terus menurun seiring dengan memburuknya industri konstruksi di negara tersebut. Namun, aktivitas di Polandia relatif lebih baik, yang membuatnya menjadi pasar yang lebih menarik bagi beberapa penjual dari Jerman.
Pabrik rebar di Jerman Timur, terutama yang dimiliki oleh perusahaan Italia, melihat bisnis yang lebih baik di Polandia dibandingkan dengan di Jerman. “Anda mendapatkan harga yang lebih baik di sana. Saya berbicara dengan manajemen Feralpi Stahl; mereka mengatakan ini adalah pertama kalinya mereka menjual ke arah timur, yaitu ke Polandia,” kata seorang pembeli kepada Kallanish. Grup Feralpi juga mengakui hal ini dalam pernyataan resminya. Meskipun pendapatan yang dihasilkan di Italia dan Jerman turun pada tahun 2023, “kinerja pasar Polandia meningkat secara signifikan,” tulis grup tersebut dalam laporan tahunan terbarunya.
Di pasar Jerman, harga dasar rebar dari pabrik-pabrik domestik selama musim panas cenderung stabil di bawah €360 per ton ($403). Ditambah dengan biaya tambahan tetap sebesar €265, harga akhirnya menjadi sekitar €625 per ton atau kurang. Meskipun beberapa sumber melihat adanya kenaikan harga penawaran baru-baru ini hingga €650 per ton yang sudah termasuk ongkos kirim, hal ini belum dibuktikan secara luas dalam transaksi.
Sumber: German rebar mills eye Polish sales, lose workers - EUROMETAL
Italian buyers expect longs decline amid slow restart
Aktivitas pasar baja di Italia setelah musim panas pulih dengan sangat lambat. Beberapa eksekutif sudah kembali dari liburan mereka pada bulan Agustus minggu ini. Namun, kurangnya aktivitas di pasar telah membuat banyak dari mereka mengambil libur tambahan dan menunggu perkembangan lebih lanjut.
Sumber distribusi dan agen yang berbicara dengan Kallanish memperkirakan bahwa harga long product dan flat product kemungkinan besar akan turun pada bulan September. Jeda musim panas ini hanya berdampak kecil pada pasar domestik dan impor. Seorang pedagang mengatakan bahwa pasar baja di Eropa saat ini sedang lesu, dengan hampir tidak ada aktivitas di negara-negara seperti Prancis dan Spanyol.
Meskipun ada ekspektasi harga scrap dari Turki akan pulih, penurunan harga yang terjadi baru-baru ini masih mempengaruhi pasar Eropa, di mana baik penjual maupun pembeli scrap memperkirakan harga akan segera turun.
Sumber: Italian buyers expect longs decline amid slow restart - EUROMETAL
UAE's Emirates Steel increases rebar, contrary to expectations
Emirates Steel telah menaikkan harga rebar domestik berukuran 12-32 mm (BS4449:2005 grade GR500B) sebesar AED 73 per ton ($20), secara tak terduga dan meskipun ada keberatan dari distributor rebar mereka.
Harga penawaran sekarang berada pada AED 2.442 per ton ($665) EXW, AED 2.447,25 per ton ($667 per ton) CPT Abu Dhabi, dan AED 2.470,75 per ton ($669 per ton) CPT Dubai, Sharjah, dan Emirates Utara untuk pengiriman pada bulan September, menurut Kallanish.
Dalam pertemuan pada Senin pagi, para pedagang utama perusahaan sebenarnya telah sepakat untuk menyarankan perubahan harga..
Sumber: UAE's Emirates Steel increases rebar, contrary to expectations
Asian steel prices will have limited support in Q3 – S&P Global
Pada Q3 2024, pasar baja Asia akan mendapatkan dukungan terbatas karena permintaan musiman yang lemah, serta berlanjutnya prediksi negatif untuk sektor real estat dan konstruksi di beberapa pasar. Hal ini dinyatakan dalam ulasan S&P Global.
Harga scrap, menurut para pelaku pasar, juga akan mengalami tekanan.
Secara khusus, harga hot-rolled coil di Asia kemungkinan akan tetap rendah pada kuartal ketiga karena permintaan yang lemah di pasar pengolahan dan harga bahan baku yang stabil.
Struktur arus perdagangan di Asia mungkin berubah karena meningkatnya persaingan dari pabrik baja di Jepang dan Korea Selatan. Permintaan domestik yang rendah dan penurunan nilai mata uang lokal membuat produsen di negara-negara tersebut lebih fokus pada ekspor. Akibatnya, Tiongkok mulai kehilangan Jepang dan Korea Selatan sebagai pasar tujuan untuk pasokan HRC mereka.
Sumber: Asian steel prices will have limited support in Q3 – S&P Global
Fitch Solutions revises down iron ore price forecast for 2024
Badan pemeringkat kredit internasional, Fitch Solutions, melalui unit BMI Country Risk and Industry Research, telah menurunkan perkiraan harga bijih besi untuk tahun 2024 dari $120 per metrik ton menjadi $110 per metrik ton. Revisi ini dilakukan akibat tekanan penurunan di pasar bijih besi yang disebabkan oleh lemahnya permintaan di Tiongkok dan produksi bijih besi yang cukup tinggi. Dalam jangka panjang, BMI memperkirakan harga bijih besi akan turun menjadi $78 per metrik ton pada tahun 2033.
Sumber: Fitch Solutions revises down iron ore price forecast for 2024
Iron ore rises despite industry losses
Harga bijih besi internasional meningkat pada hari Selasa, meskipun industri baja Tiongkok kembali mengalami kerugian pada bulan Juli.
Indeks Kallanish untuk KORE 62% Fe dan KORE 65% Fe masing-masing naik sebesar $0,97 per ton dan $0,88 per ton menjadi $101,51 per dry metric tonne (dmt) CFR Qingdao dan $115,31 per dmt CFR. Sementaraitu, indeks KORE 58% Fe naik dari $0,89 per ton menjadi $88,39 per dmt CFR.
Pada platform publik, 170.000 ton PB Fines dijual seharga $100,6 per ton untuk pengiriman antara 29 September dan 8 Oktober. Sementara itu, 90.000 ton dan 80.000 ton Mac Fines masing-masing dipesan seharga $95,9 per ton dan $96,8 per ton untuk pengiriman antara 16-25 September.
Sumber: Iron ore rises despite steel industry losses
Citibank expects EU steel industry recovery this year with higher margins
Citibank yang berbasis di AS telah menyatakan bahwa industri baja Eropa akan pulih tahun ini dengan margin keuntungan yang lebih tinggi, sebagai akibat dari penurunan harga bahan baku, menurut laporan Reuters. Meskipun harga baja di kawasan tersebut biasanya turun selama musim panas, yang menyebabkan margin keuntungan lebih rendah, pemulihan industri baja di Eropa akan menguat pada di sisa tahun 2024. Selain itu, bank tersebut memperkirakan ekspor Uni Eropa akan terus melambat sepanjang tahun ini, yang akan membantu menyeimbangkan penawaran-permintaan. Citibank juga menyatakan bahwa beberapa perusahaan Eropa, yaitu ArcelorMittal, Salzgitter, Aperam, dan Acerinox akan mendapat keuntungan dari potensi pemulihan industri ini.
Sumber: Citibank expects EU steel industry recovery this year with higher margins
Chinese blast furnaces experienced losses from the sale of rolled steel in July
Peningkatan kerugian disebabkan oleh penurunan harga dan permintaan, serta faktor musiman.
Pabrik baja blast furnace Tiongkok mengalami kerugian dari penjualan rolled steel pada Juli 2024. Sentimen negatif di pasar domestik menyebabkan penurunan tajam dalam harga baja. Hal ini dibuktikan oleh survei bulanan terbaru Mysteel terhadap 91 pabrik blast furnace.
Pada bulan Juli, rata-rata kerugian dari penjualan rebar di antara produsen baja Tiongkok yang disurvei adalah Yuan 249 per ton ($35 per ton). Ini adalah peningkatan kerugian sebesar Yuan 151 per ton dibandingkan dengan bulan Juni tahun ini.
Sementara itu, pabrik-pabrik tersebut mengalami kerugian rata-rata sebesar Yuan 150 per ton pada penjualan hot-rolled coil pada Juli, berbeda dari keuntungan sebesar Yuan 19 per ton pada bulan sebelumnya.
Sumber: Chinese blast furnaces experienced losses from the sale of rolled steel in July
Policies
US sanctions more Russian steel, mining interests
Amerika Serikat memberlakukan sanksi tambahan terhadap perusahaan-perusahaan logam dan pertambangan di Rusia serta negara lain yang dianggap memberikan dukungan kepada invasi Ukraina, demikian dilansir Kallanish dari lembaga-lembaga federal.
Departemen Keuangan dan Luar Negeri pada hari Jumat mengumumkan serangkaian tindakan yang besar terhadap sekitar 400 perusahaan dan individu "yang produk dan layanannya memungkinkan Rusia untuk melanjutkan upaya perang dan menghindari sanksi," menurut pernyataan Departemen Keuangan.
Pengumuman baru ini menambahkan sanksi pada perusahaan-perusahaan baja, termasuk beberapa afiliasi Evraz yang berdomisili di Rusia dan PAO Magnitogorskiy Metallurgicheskiy Kombinat (MMK), produsen baja terbesar di negara tersebut. Penyedia bijih besi dan batu bara kokas juga menjadi sasaran.
Sumber: US sanctions more Russian steel, mining interests | SEAISI
Indian Steel Impacted by unfair imports, dumping: conference
Mantan Sekretaris Baja India, Nagendra Nath Sinha, menyatakan bahwa sektor baja India telah terdampak oleh impor yang tidak adil dan praktik dumping, yang diperburuk oleh penurunan permintaan di Tiongkok. Sinha menyatakan bahwa impor memang menjadi masalah untuk flat products.
Ia menyampaikan komentar tersebut dalam acara BigMint's Indian Iron Ore and Pellet Summit edisi ketujuh pada 23 Agustus, yang dihadiri oleh Kallanish.
Pernyataan tersebut muncul setelah pemerintah India meluncurkan penyelidikan terhadap hot rolled coil (HRC) yang berasal dari atau diekspor dari Vietnam. Pekan lalu, India memulai investigasi anti-dumping terhadap impor hot-rolled flat products dari Vietnam setelah menerima keluhan dari Indian Steel Association (ISA). Penyelidikan ini akan difokuskan pada hot-rolled flat products dari baja paduan atau non-paduan, tidak disepuh atau dilapisi, dengan ketebalan hingga 25 mm dan lebar hingga 2100 mm.
Sumber: Indian steel impacted by unfair imports, dumping: conference | SEAISI
Kazakhstan confirms another scrap export ban extension
Pemerintah Kazakhstan telah memperpanjang larangan ekspor scrap logam besi untuk kepentingan industri baja dalam negeri, menurut Kementerian Industri dan Konstruksi Kazakhstan.
Larangan ekspor limbah dan skrap logam non-ferrous dan ferrous dari Kazakhstan diperpanjang selama enam bulan lagi mulai 22 Agustus, menurut Kallanish.
Langkah ini diambil untuk membantu meningkatkan utilisasi kapasitas produksi di pabrik-pabrik yang mengalami kekurangan pasokan scrap dan untuk memerangi peredaran scrap ilegal, kata kementerian tersebut.
Pada bulan Juni, pemerintah Kazakhstan menyatakan rencana untuk memperpanjang larangan ekspor scrap logam besi. Pengumpulan scrap logam besi domestik pada tahun 2023 mencapai sekitar 1,9 juta ton, sementara total permintaan pasar domestik mencapai 3,9 juta ton.
Sumber: Kazakhstan confirms another scrap export ban extension | SEAISI
Technology & Environment
China’s MIIT suspends steel capacity replacement
Pada 23 Agustus, Ministry of Industry and Information Technology (MIIT) Tiongkok mengeluarkan pemberitahuan mengenai penghentian penggantian kapasitas baja.
Mulai 23 Agustus, seluruh wilayah diharuskan menghentikan pengumuman program penggantian kapasitas baja baru. Mereka yang tetap mempublikasikan dan mengumumkan program penggantian kapasitas baja akan dianggap melanggar hukum terkait penambahan kapasitas produksi baja dan akan diberi peringatan sebagai contoh negatif.
"Sejak diterapkannya ‘Implementation Measures for Capacity Replacement in the Steel Industry’ [Juni 2021], industri baja telah secara efektif mendorong transformasi dan peningkatan industri, penyesuaian struktural, optimalisasi tata letak, serta merger dan reorganisasi melalui penggantian kapasitas baja. Namun, masih ada masalah seperti implementasi kebijakan yang tidak memadai, mekanisme pengawasan dan implementasi yang belum sempurna, serta ketidakcocokan dengan tren dan kebutuhan pengembangan industri," menurut MIIT.
Sumber: China’s MIIT suspends steel capacity replacement
ArcelorMittal Europe launches low-carbon transport for steel delivery
Produsen baja global, ArcelorMittal, meluncurkan layanan transportasi rendah karbon untuk mengirim baja ke pelanggan di Eropa, yang akan membantu mengurangi emisi CO2 dari transportasi darat sekitar 90%. Hal ini dinyatakan dalam siaran pers ArcelorMittal.
Saat ini, pengiriman dilakukan dengan truk rendah karbon antara pabrik-pabrik ArcelorMittal di delapan negara: Belgia, Republik Ceko, Prancis, Jerman, Belanda, Polandia, Slovakia, Spanyol, dan Inggris. Baja saat ini dikirimkan kepada pelanggan melalui transportasi rendah karbon di Belgia, Belanda, Luksemburg, Prancis, Jerman, dan Polandia.
Di tahun 2023, ArcelorMittal Eropa mengirimkan 27,5 juta ton baja. Transportasi darat menyumbang sekitar 38% dari total pengiriman produk, dan jenis transportasi ini memiliki jejak CO2 terbesar, dengan rata-rata 65g CO2/km per ton baja. Penggunaan truk yang beroperasi secara eksklusif dengan HVO dapat mengurangi emisi karbon hingga 80-90%.
Sumber: ArcelorMittal Europe launches low-carbon transport for steel delivery