Weekly Update #30 – Perkembangan Industri Baja
Sumber: SEAISI, Eurometal, Steel Orbis, GMK Center, AISU Steel
Market
Steel prices in the fourth week of July 2024
Menurut harga yang diumumkan di pasar baja global, harga scrap sebesar $389 per ton, turun $1 dibandingkan harga minggu lalu, dan harga bijih besi $102 per ton, turun $2 dibandingkan harga minggu lalu.
Sementara itu, harga billet berada pada kisaran $485-515 per ton, sedangkan minggu lalu berada pada kisaran $495-520 per ton, dan harga rebar berada pada kisaran $575-590 per ton, sedangkan minggu lalu berada pada kisaran $575-600 per ton.
Harga wire roda dan HR coil tetap stabil pada minggu ini, masing-masing berada pada kisaran $590-600 per ton dan $530-540 per ton. Sedangkan harga CR coil 1mm mengalami penurunan sebesar $10 per ton menjadi berada pada kisaran $560-575 per ton.
Sumber: Steel prices in the fourth week of July 2024 - Arab Iron and Steel Union
ASEAN billet market decline pauses on China rebound
Harga impor billet di ASEAN tampaknya telah stabil di tengah pemulihan pasar berjangka Tiongkok. Sebelumnya, harga sempat turun drastis dalam dua minggu sebelum pulih pada Kamis lalu, menurut Kallanish.
Penawaran untuk billet 3sp 150mm dari berbagai sumber berada di kisaran $480 per ton CFR Manila pada Jumat lalu. Harga ini tidak berubah dari awal minggu lalu dan turun $10 per ton dibandingkan dengan Jumat sebelumnya. Premi untuk grade 5sp adalah sekitar $5 per ton lebih tinggi.
Sebuah pabrik besar di Indonesia menjual billet 3sp 150mm pada Jumat lalu dengan harga $460 per ton FOB. Sehari sebelumnya, pada 25 Juli, 20.000 ton billet dari pabrik Indonesia tersebut dijual ke Manila dengan harga $459 per ton FOB. "Ada kemungkinan kargo tersebut untuk menutupi short sell sebelumnya," kata seorang pedagang di Manila. Pemasok Tiongkok mengatakan bahwa kenaikan harga berjangka pada hari Kamis telah mencegah harga jatuh lebih jauh. "Meskipun saya pikir stabilisasi harga ini bersifat sementara," tambahnya.
Sumber: ASEAN billet market decline pauses on China rebound | SEAISI
Tangshan billet prices slump further
Harga billet di Tangshan, Provinsi Hebei, Tiongkok Utara, turun drastis minggu lalu, seiring dengan penurunan harga berjangka baja Tiongkok di tengah suasana pasar yang pesimis, menurut survei mingguan Mysteel. Tingkat operasional re-roller lokal tetap rendah dan mereka berhati-hati dalam membeli billet, kata para responden survei.
Pada 28 Juli, harga billet persegi Q235 150mm di Tangshan, menurut penilaian Mysteel, turun sebesar Yuan 120 per ton ($16,5 per ton) dalam seminggu menjadi Yuan 3.150 per ton EXW dan termasuk PPN 13%.
Di sisi pasokan, produksi billet di Tangshan tetap stabil minggu lalu, dengan produksi harian di antara 25 produsen baja yang dijadikan sampel oleh Mysteel rata-rata mencapai 43.200 ton per hari selama 19-25 Juli, naik sekitar 1.000 ton per hari.
Sumber: Tangshan billet prices slump further | SEAISI
Turkey’s China-origin billet deals set Russia-origin benchmark
Pelanggan billet di Turki memperkirakan harga maksimum yang dapat mereka bayar untuk billet asal Rusia adalah sekitar $500 per ton CFR Turki, meskipun mereka mungkin akan menawar lebih rendah setelah melakukan pembelian dengan jumlah besar dari Asia dan Cina. Transaksi terbaru dari Tiongkok dilaporkan pada harga $480-485 per ton CFR Turki, menurut informasi dari pelaku pasar yang diterima oleh Kallanish.
“Para pemasok billet asal Rusia mungkin bisa mendapatkan harga maksimal $500 per ton CFR Turki jika mereka beruntung dan dapat memastikan pengiriman cepat,” kata seorang pedagang.
Harga ini didasarkan pada laporan transaksi sejumlah besar billet asal Tiongkok pada harga $480-485 per ton CFR Turki.
Akibatnya, harga billet asal Rusia turun menjadi $485 per ton FOB Laut Hitam dari sebelumnya $490 per ton FOB.
Sumber: Turkey’s China-origin billet deals set Russia-origin benchmark | SEAISI
Drop in prices for hot-rolled coils continued in July
Harga hot-rolled coil (HRC) dunia terus menurun di sebagian besar pasar utama selama bulan Juli. Di Eropa, situasinya sebagian besar stabil, dengan sedikit fluktuasi, semetara di AS dan Tiongkok terjadi penurunan harga sebesar 4-7%. Secara khusus, harga di Tiongkok mencapai titik terendah dalam 4 tahun terakhir, dan di Amerika harga mencapai level terendah sejak September 2023.
Di Eropa Barat, harga g/k roll untuk periode 28 Juni-26 Juli 2024 tetap di kisaran €620-630 per ton EXW, tidak ada perubahan signifikan. Di Italia, selama periode yang sama, batas harga atas tetap tidak berubah pada €630 per ton EXW, tetapi batas harga bawah turun menjadi €610 per ton dari €620 per ton pada 28 Juni. Menurut perkiraan, harga mungkin turun lagi menjadi €590-620 per ton EXW pada awal Agustus.
Sumber: Drop in prices for hot-rolled coils continued in July
China's HRC output rises on week, prices stay low
Setelah penurunan singkat pada minggu sebelumnya, produksi hot-rolled coil (HRC) di antara 37 produsen flat product Tiongkok, yang dipantau Mysteel secara rutin, meningkat menjadi 3,28 juta ton selama minggu pada 22-26 Juli, naik 11.900 ton atau 0,36% dibandingkan minggu sebelumnya, menurut hasil survei produksi mingguan terbaru.
Tingkat utilisasi kapasitas hot-rolling di antara 37 pabrik juga naik 0,3% dibandingkan minggu sebelumnya, dengan rata-rata mencapai 83,85% minggu lalu, menurut hasil survei.
Beberapa pabrik baja di Tiongkok Utara melanjutkan produksi hot coil selama minggu survei setelah selesai melakukan perawatan, yang menyebabkan peningkatan produksi HRC dibandingkan minggu sebelumnya, menurut para responden survei.
Sumber: China's HRC output rises on week, prices stay low | SEAISI
Eurofer: Flats drive EU import growth, exports rise
Flat product, yang penggunaannya meningkat 30% dibandingkan tahun lalu, terus mendorong impor baja UE dalam empat bulan pertama tahun 2024, menurut Eurofer. Penggunaan long product turun 9%.
India tetap menjadi pemimpin dengan pangsa 15,8% dalam impor baja jadi UE, diikuti oleh Turki dengan 12,6%, dan Vietnam dengan 10,3%, catat Kallanish.
Sementara itu, impor baja jadi dari Tiongkok dan Korea masing-masing turun sebesar 38% dan 11% pada Januari-April, impor dari Turki melonjak 85%, dari India naik 62%, dan dari Vietnam naik 155%.
Impor semua flat product meningkat, dengan peningkatan terbesar terlihat pada hot-rolled wide strip sebesar 51%, hot deep galvanized coil sebesar 44%, dan coated sheet sebesar 41%. Di segmen long product, hanya penggunaan wire rod yang meningkat sebesar 19%.
Sumber: Eurofer: Flats drive EU import growth, exports rise - EUROMETAL
ASEAN longs markets succumb to China, regional weakness
Pasar impor untuk long product masih tertekan di ASEAN, menurut Kallanish.
Di Singapura, harga rebar dengan berat teoritis untuk pengiriman bulan September dari Malaysia adalah $510-515 per ton DAP (diangkut dengan truk ke Singapura). Harga ini lebih rendah $5 dari minggu lalu. Tawaran untuk 10.000 ton dengan pengiriman bulan September pada harga $505 per ton DAP kemungkinan akan diterima, kata seorang pembeli di Singapura pada hari Kamis. Harga basis DAP di Singapura lebih tinggi $5-10 per ton dibandingkan dengan harga CFR Singapura.
Pasar semakin melemah karena penurunan harga berjangka baja di Tiongkok. Permintaan baja jadi di ASEAN juga rendah. Di Hong Kong, harga rebar dengan berat aktual dari pabrik Malaysia yang disebutkan di atas untuk pengiriman September/Oktober ditawarkan sekitar $505 per ton CFR. Penawaran rebar dari Tiongkok juga berada pada level yang sama.
Sumber: ASEAN longs markets succumb to China, regional weakness | SEAISI
Italian longs prices flatten in quiet market
Harga merchant bar di Italia tetap stabil minggu ini. Namun, penjualan masih belum meningkat pada bulan Juli setelah permintaan rendah pada paruh pertama tahun ini, menurut Kallanish.
Berdasarkan laporan dari berbagai pembeli dan penjual, tampaknya krisis konsumsi di Eropa telah menjadi masalah struktural jangka panjang. Kisaran harga saat ini untuk merchant bar domestik adalah €280-320 per ton ($302-346). Transaksi dengan harga tertinggi dalam kisaran harga ini jarang terjadi, baru-baru ini hanya satu truk yang terjual dengan harga tersebut.
Material dari negara-negara UE lainnya dihargai sekitar €20 per ton lebih murah. Harga saat ini berfluktuasi di sekitar €700-740 per ton, termasuk biaya tambahan ukuran.
Namun, volume penjualan untuk produk yang berasal dari wire rod tetap kuat, baik pada bulan Juli maupun sepanjang tujuh bulan pertama tahun ini. Dua agen yang menjual berbagai long product mengklaim bahwa mereka berhasil mencapai volume penjualan yang memuaskan karena produk bernilai tambah tinggi yang berasal dari wire rod. Seorang distributor menyebutkan bahwa selain merchant bar, penjualannya rata-rata, didukung oleh permintaan yang lebih baik untuk long product lainnya seperti beams.
Sumber: Italian longs prices flatten in quiet market - EUROMETAL
Thailand's domestic longs market weakens
Pasar long product di Thailand melemah, menurut Kallanish. Proyek konstruksi berjalan lambat dan kelebihan stok menyebabkan minat beli baja di Thailand menurun, menurut sumber perdagangan yang berbasis di Bangkok.
Harga domestik juga mengalami penurunan. “Harga rebar turun lebih dari THB 1.000 per ton ($28 per ton) bulan ini. Harga billet dan scrap juga menurun,” kata seorang pedagang. Para pengguna dan distributor saat ini memiliki stok untuk 2-3 bulan, padahal biasanya stok untuk 1,5-2 bulan, kata seorang pedagang Bangkok. “Mereka tidak dapat membeli lagi,” katanya. Jumat lalu, harga rebar lokal sebesar THB 18.400 per ton ($511 per ton) yang dikirimkan ke distributor/pengguna akhir.
Sumber: Thailand's domestic longs market weakens | SEAISI
Singapore rebar import market dips under $500/t cfr
Pasar impor untuk rebar di Singapura mengalami penurunan, menurut Kallanish. Harga telah menyentuh $500 per ton karena pasar regional sedang mengalami periode musim konstruksi yang lemah.
Harga rebar dengan berat teoritis untuk pengiriman bulan September dari Malaysia sebesar $500 per ton DAP (dikirim dengan truk ke Singapura), turun dari penawaran resmi minggu lalu dengan kisaran $510-515 per ton DAP. Harga DAP Singapura lebih tinggi $5-10 per ton dari harga CFR Singapura. Beberapa sumber impor melaporkan bahwa seorang stockist besar baru-baru ini memesan hingga 50.000 ton rebar dari pabrik Malaysia dengan harga $490-495 per ton CFR.
Penawaran rebar dengan berat teoritis dari Tiongkok telah turun menjadi $500-505 per ton CFR di tengah pasar domestik yang lemah. "Beberapa pihak mengatakan bahwa pasar baru akan membaik pada bulan Oktober," kata seorang pembeli.
Sumber: Singapore rebar import market dips under $500/t cfr | SEAISI
Policies
Trade measures needed to save domestic steel industry
Langkah-langkah perdagangan yang tepat dan sesuai dengan peraturan Vietnam dan World Trade Organisation (WTO), akan membantu industri baja domestik meminimalkan kerugian akibat praktik persaingan tidak adil dan melindungi produksi lokal, kata para ahli dan pemimpin industri.
Sebelumnya, Trade Defence Department, di bawah Industry and Trade Ministry, mengatakan telah menerima permintaan untuk penyelidikan anti-dumping pada hot-rolled steel yang berasal dari Tiongkok.
Saat ini, dokumen-dokumen tersebut sedang ditinjau oleh kementerian sebelum memutuskan apakah penyelidikan akan dilanjutkan.
Sumber: Trade measures needed to save domestic steel industry | SEAISI
EC plans to review steel market protection against Asian HRC imports – Argus
Produk-produk dari Tiongkok dapat memasuki pasar Uni Eropa sebagai re-ekspor dari negara-negara yang memasok HRC ke blok tersebut di bawah kuota "other countries".
European Commission (EC) mungkin segera memulai penyelidikan anti-dumping terhadap beberapa negara pengekspor yang memasok hot rolled coils (HRC) ke Uni Eropa di bawah kuota "other countries". ArgusMedia melaporkan hal ini dengan merujuk pada berbagai sumber pasar.
Kuota untuk "other countries" telah terisi dengan cukup cepat dalam beberapa kuartal terakhir setelah diperbarui, dan tekanan ini meningkat secara signifikan setelah lonjakan ekspor Tiongkok sejak Agustus 2023. Beberapa negara pengekspor utama dari kuota ini, terutama Vietnam, secara signifikan meningkatkan impor baja dari Tiongkok pada paruh pertama tahun ini, mencapai lebih dari 4,2 juta ton dibandingkan dengan 6 juta ton pada tahun 2023.
Sumber: EC plans to review steel market protection against Asian HRC imports – Argus
Malaysia needs its own CBAM analog
Pemerintah Malaysia sedang mempertimbangkan untuk memperkenalkan harga karbon khusus untuk industri baja. Hal ini diumumkan oleh Ong Kian Ming, Vice-Rector for External Relations di Taylor’s University, seperti yang dilaporkan The Star.
Menurut ilmuwan tersebut, yang juga anggota komite independen yang dibentuk oleh Ministry of Investment, Trade and Industry (MITI) untuk memberikan saran mengenai masa depan industri baja, ini adalah salah satu topik diskusi paling aktif saat ini. Jika langkah ini berhasil diterapkan, maka akan membuka jalan bagi kemungkinan pengenalan kredit karbon untuk sektor-sektor lain dalam perekonomian. Selain itu, diskusi ini juga terkait dengan Carbon Border Adjustment Mechanism (CBAM) Eropa.
Renato Lima de Oliveira, Associate Professor di Institute of Democracy and Economic Affairs, mencatat bahwa dalam hal emisi rata-rata per ton baja, Malaysia adalah salah satu negara dengan tingkat emisi yang cukup rendah, yaitu 4,5% pada tahun 2020.
Sumber: Malaysia needs its own CBAM analog
India criticizes EU proposal for carbon tax for its industry
India tidak menyetujui proposal Uni Eropa untuk mengenakan pajak karbon yang lebih tinggi pada industrinya, menganggap rencana tersebut tidak praktis dan tidak dapat diterima, menurut laporan Reuters.
Proposal terbaru disampaikan oleh delegasi Uni Eropa yang dipimpin oleh Gerasimos Thomas, Director-General for Taxation and Customs Union of the European Commission, yang membela Cross-Border Carbon Adjustment Mechanism (CBAM) selama pertemuan dengan pejabat India.
Ajay Seth, Menteri Ekonomi India, menyebut solusi yang diusulkan oleh pejabat Eropa “tidak bisa diterapkan” untuk negara-negara berkembang.
India telah menyampaikan posisinya kepada Uni Eropa, mengkritik CBAM sebagai instrumen yang tidak adil dan dapat menyebabkan biaya yang lebih tinggi di pasar domestik.
Delegasi Eropa menyarankan agar New Delhi memberlakukan pajak karbonnya sendiri untuk mendukung rantai pasokan yang lebih ramah lingkungan sekaligus mempertahankan akses ke pasar Uni Eropa. Namun, Seth menekankan bahwa biaya untuk mendekarbonisasi industri baja akan menjadi beban yang signifikan bagi perekonomian.
Sumber: India criticizes EU proposal for carbon tax for its industry
India's steel ministry seeks probe into cheaper imports
Kementerian Baja India telah meminta Kementerian Perdagangan untuk menyelidiki impor baja yang lebih murah dari Tiongkok dan Vietnam, menurut sumber pemerintah yang langsung mengetahui masalah ini, seperti dilaporkan Reuters pada hari Rabu. Saat ini New Delhi menghadapi lonjakan impor.
India, sebagai produsen baja kasar terbesar kedua di dunia, berubah menjadi importir baja pada tahun fiskal yang berakhir pada Maret, dan tren ini berlanjut dengan impor baja jadi yang mencapai titik tertinggi dalam lima tahun pada bulan April dan Mei, menurut data sementara pemerintah.
"Kami telah menyampaikan bahwa Kementerian Perdagangan harus menyelidiki impor ini dan menyampaikan rekomendasinya kepada Kementerian Keuangan, yang akan mengambil keputusan akhir," kata sumber tersebut kepada Reuters, yang menolak disebutkan identitasnya karena diskusi tersebut tidak bersifat publik.
Sumber: India's steel ministry seeks probe into cheaper imports | SEAISI
US steelmakers call for stronger trade protection measures
The Steelmakers Association (SMA) dan enam kelompok industri lainnya meminta House of Representatives untuk memasukkan Playing Field 2.0 Act dalam paket undang-undang mendatang yang dirancang untuk melindungi Amerika Serikat dari praktik perdagangan tidak adil Tiongkok. Hal ini dinyatakan dalam siaran pers SMA.
"Kami mendesak Anda untuk mendukung pekerja dan industri Amerika, dan menunjukkan kepada Tiongkok bahwa mereka tidak bisa terus menghindari perlindungan perdagangan kami. Jika Playing Field 2.0 Act disahkan, itu akan mengirim pesan bahwa kami tidak akan tinggal diam sementara Tiongkok mencoba mendominasi produksi global," bunyi surat tersebut.
Asosiasi industri juga mengingatkan bahwa rancangan undang-undang ini bertujuan untuk melindungi dari impor yang tidak adil, mengatasi subsidi lintas batas China, dan mempercepat investigasi terhadap pelanggar yang memindahkan produksi dari satu negara ke negara lain.
Sumber: US steelmakers call for stronger trade protection measures
Technology & Environment
Indian steel ministry launches upgraded import monitoring portal
Kementerian Baja India telah meluncurkan versi terbaru dari portal Steel Import Monitoring System (SIMS 2.0). Portal ini bertujuan untuk meningkatkan pemantauan impor baja, mendukung pertumbuhan industri baja domestik, dan mencapai kemandirian dalam produksi baja, menurut Kallanish.
Portal ini diluncurkan oleh Indian Steel and Heavy Industries Minister, H.D. Kumaraswamy, pada 25 Juli. Kumaraswamy mengatakan bahwa ini adalah tonggak penting dan merupakan bagian dari agenda 100 hari pemerintah baru.
Portal SIMS 2.0 yang diperbarui mencakup beberapa fitur seperti integrasi API dengan beberapa portal pemerintah, sistem entri data yang kuat, dan lainnya. Portal ini akan membantu dalam manajemen risiko yang lebih baik berkat integrasi berbagai basis data. Sistem pemantauan ini dimodifikasi berdasarkan masukan dari industri. SIMS pertama kali diluncurkan pada tahun 2019.
Sumber: Indian steel ministry launches upgraded import monitoring portal | SEAISI
India shifts from imported scrap to DRI: conference
Pasar baja India mengalami pergeseran signifikan dalam konsumsi scrap, dengan penurunan impor dan peningkatkan penggunaan direct reduced iron (DRI) oleh pabrik-pabrik sekunder, menurut para pembicara di International Business Summit ke-2 Metal Recycling Association of India (MRAI) yang diadakan di Bangkok minggu ini.
Tren terbaru menunjukkan penurunan impor scrap karena beberapa faktor, termasuk perlambatan produksi finished steel yang disebabkan oleh pemilu umum tahun ini, biaya pengiriman yang meningkat, dan gangguan cuaca seperti gelombang panas ekstrem dan musim hujan lebat.
Dalam situasi permintaan yang tidak stabil ini, pabrik-pabrik di India memilih DRI domestik yang lebih murah dibandingkan dengan scrap impor, karena biaya bahan baku, terutama bijih besi, telah menurun.
Sumber: India shifts from imported scrap to DRI: conference | SEAISI
Feralpi’s new rebar mill in Germany will work with zero direct emissions
Feralpi Group akan mulai menguji pabrik rolling rebar baru di Riesa, Jerman, pada akhir tahun ini. pengumuman ini disampaikan dalam laporan keuangan perusahaan untuk tahun kalender 2023 yang diterbitkan pada hari Kamis, 25 Juli.
Pabrik ini dirancang untuk memproduksi long product dengan emisi karbon yang lebih rendah.
"Untuk pertama kalinya di Jerman, kami akan memproduksi rebar in coils seberat 8 ton untuk industri konstruksi, menggunakan proses inovatif yang sepenuhnya elektrik dan tidak menghasilkan emisi karbon langsung," kata Feralpi.
Pembangunan pabrik rolling baru ini merupakan bagian dari rencana pengembangan perusahaan untuk periode 2021-26, yang bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan melalui elektrifikasi.
Sumber: Feralpi’s new rebar mill in Germany will work with zero direct emissions - EUROMETAL
India’s steel production will exceed 300 million tons by 2030 – forecast
Permintaan baja di India tetap kuat berkat dukungan infrastruktur dari pemerintah.
Produksi baja domestik India diperkirakan akan melampaui 300 juta ton pada tahun 2030. Hal ini disampaikan oleh Menteri Industri Baja, Nagaendra Nat Sinha, saat berbicara kepada anggota Bharat Chamber of Commerce (BCC), meenurut laporan The Economic Times.
Menteri menyatakan bahwa permintaan baja saat ini tinggi karena dukungan pemerintah untuk infrastruktur, dan dengan fokus yang konstan pada hal itu, baik sektor publik maupun swasta akan terus berkembang.
Departemen terkait juga tidak melihat adanya hambatan untuk meningkatkan kapasitas produksi karena upaya dekarbonisasi dalam industri baja. Selain itu, kementerian akan segera menerbitkan rancangan peta jalan untuk mendapatkan masukan dari publik tentang pengurangan emisi karbon di industri metalurgi.
Sumber: India’s steel production will exceed 300 million tons by 2030 – forecast
Investment
Baosteel doubles investments in Saudi steel plate JV to $1 billion
Baoshan Iron & Steel Co (Baosteel), anak perusahaan dari produsen baja terbesar di dunia, China Baowu Steel Group, mengumumkan pada 25 Juli bahwa mereka akan meningkatkan investasi sampai lebih dari dua kali lipat dalam joint venture pabrik heavy steel plate terintegrasi di Arab Saudi. Investasi tersebut akan meningkat menjadi $1 miliar, naik dari komitmen awal sebesar $437,5 juta.
Menurut pengumuman produsen baja yang terdaftar di Shanghai Stock Exchange, joint venture ini akan membuat Baosteel sebagai pemegang saham sebesar 50%, sementara produsen minyak mentah terbesar di dunia, Saudi Aramco dan Public Investment Fund (PIF) yang didukung oleh pemerintah Saudi masing-masing akan memegang 25% saham, dengan kontribusi masing-masing sebesar $500 juta.
Rencana untuk joint venture ini telah ditetapkan pada Mei 2023, ketika Baosteel menandatangani perjanjian dengan Saudi Aramco dan PIF untuk mendirikan pabrik di kota industri Ras Al-Khair, sebuah zona ekonomi khusus di pesisir timur laut Arab Saudi, seperti yang dilaporkan oleh Mysteel Global.
Sumber: Baosteel doubles investments in Saudi steel plate JV to $1 billion | SEAISI
ArcelorMittal Spain invests €152 million in 2023 to increase competitiveness
ArcelorMittal Spain, anak perusahaan produsen baja ArcelorMittal yang berbasis di Luxembourg, telah merilis laporan keberlanjutannya untuk tahun 2023. Pada tahun lalu, ArcelorMittal menginvestasikan €152 juta untuk pabrik-pabriknya di Spanyol, meningkat dari €96 juta pada tahun 2022 dan €127 juta pada tahun 2021. Dengan keputusan ini, perusahaan tetap berkomitmen kuat untuk meningkatkan daya saing fasilitas dan proses produksinya.
Jika menilik investasi secara khusus, lebih dari €43 juta diinvestasikan untuk penelitian dan pengembangan di Spanyol, sementara €13,7 juta dialokasikan untuk proyek-proyek lingkungan dan keanekaragaman hayati. Dengan dana tersebut, perusahaan berhasil melaksanakan 13 proyek untuk meningkatkan efisiensi energi dan dekarbonisasi. Perusahaan juga telah mengalokasikan €15,7 juta untuk investasi dalam keberlanjutan.
Menurut laporan tersebut, porsi konsumsi scrap ArcelorMittal di Spanyol pada tahun 2023 mencapai 23%, atau sebesar 2,1 juta ton. Jumlah ini telah membantu ArcelorMittal Spanyol untuk mencegah emisi sebesar 2,8 juta ton karbon. Emisi Scope 1, 2, dan 3 dari perusahaan ini telah berkurang sebesar 10 persen pada tahun 2023 menjadi 7,1 juta ton karbon. Selain itu, konsumsi energi perusahaan juga berkurang 10 persen dibandingkan tahun 2022.
Sumber: ArcelorMittal Spain invests €152 million in 2023 to increase competitiveness
Russia’s MMK implements largest project in its history to cut dust emissions
Produsen baja Rusia, MMK Group, telah mengumumkan bahwa perusahaan grupnya, Shlakservis LLC, telah menginvestasikan sekitar RUB 3 miliar ($34,68 juta) untuk membangun sistem pendingin tanpa air untuk slag blast furnace dengan tujuan menghilangkan pelepasan hidrogen sulfida dan mengurangi emisi debu ke atmosfer hingga 50 persen.
Sebelum pembangunan sistem yang baru, slag blast furnace didinginkan dengan air, yang menghasilkan hidrogen sulfida dan debu dengan jumlah besar. Namun, dengan pengoperasian sistem baru ini, perusahaan akan dapat mendinginkan slag tanpa menggunakan air, sehingga secara signifikan mengurangi dampaknya terhadap lingkungan.
"Lokasi baru ini akan memungkinkan kami mengurangi emisi polutan ke atmosfer sekitar 100 juta ton per tahun dan sepenuhnya menghilangkan emisi hidrogen sulfida. Slag akan didinginkan hingga mencapai suhu ruangan secara alami. Setelah itu, slag akan dipecah dengan bantuan ekskavator dan dimuat ke kendaraan untuk diproses lebih lanjut. Penting untuk dicatat bahwa selama proses pengolahan, kami akan meminimalkan emisi debu, karena kendaraan kami dilengkapi dengan sistem penekan debu," komentar Sergey Masyanov, direktur Shlakservis LLC.
Sumber: Russia’s MMK implements largest project in its history to cut dust emissions