Weekly Update #29 – Perkembangan Industri Baja
Sumber: SEAISI, Eurometal, Steel Orbis, GMK Center, AISU Steel
Market
Steel prices in the third week of July 2024
Menurut harga yang diumumkan di pasar baja global, harga scrap sebesar $390 per ton, tidak berubah dari harga minggu lalu, dan harga bijih besi sebesar $104 per ton, turun $4 dibandingkan harga minggu lalu.
Sementara itu, harga billet berada pada kisaran $495-520 per ton, sedangkan minggu lalu berada pada kisaran $500-520 per ton, dan harga rebar berada pada kisaran $575-600 per ton, sedangkan minggu lalu berada pada kisaran $580-600 per ton.
Harga wire rod dan HR coil tetap stabil minggu ini, masing-masing berada pada kisaran $590-600 per ton dan $530-540 per ton. Sedangkan harga CR coil 1mm mengalami penurunan sebesar $3 dari minggu lalu menjadi berkisar antara $570-585 per ton.
Sumber: Steel prices in the third week of July 2024 - Arab Iron and Steel Union
SteelHome China Steel Price Daily Updates 20240722
Harga beberapa produk baja di Tiongkok mengalami penurunan pada Senin, 22 Juli dibandingkan hari sebelumnya, menurut SteelHome. Harga high speed wire rod HPB300 8mm mengalami penurunan sebesar Yuan 25 menjadi Yuan 3656 per ton. Harga rebar HRB400 20mm turun Yuan 26 menjadi Yuan 3440 per ton. Harga cold-rolled coil 1mm turun Yuan 14 dibanding hari sebelumnya menjadi Yuan 4113 per ton. Sementara itu, harga hot-rolled coil 2,75mm dan medium plate 8mm turun Yuan 18 dibandingkan hari sebelumnya, masing-masing menjadi Yuan 3744 per ton dan Yuan 3988 per ton.
Sumber: SteelHome China Steel Price Daily Updates 20240722 | SEAISI
ASEAN billet slides alongside Chinese prices
Harga ekspor billet menurun di ASEAN, menurut Kallanish. Pabrik-pabrik di ASEAN menurunkan harga agar tetap kompetitif dengan pesaing dari Tiongkok.
Kesepakatan harga terbaru diantara para pedagang Tiongkok tercapai di bawah harga kesepakatan minggu lalu sebesar $480 per ton FOB untuk billet grade 3sp 150mm dari ASEAN. Sebuah kargo seberat 40.000 ton dari pabrik terkemuka di Vietnam dijual dengan harga $472 per ton FOB pada hari Rabu, dan 10.000 ton billet dari pabrik besar di Indonesia dipesan dengan harga $475 per ton FOB. Kargo-kargo ini ditujukan ke Turki, menurut beberapa sumber perdagangan. Pabrik Indonesia tersebut kehilangan banyak pesanan karena tetap bertahan pada harga $480 per ton minggu lalu, kata seorang pedagang di Jakarta.
Pada hari yang sama, reroller Indonesia memesan 20.000 ton billet 3sp 150mm dari Tiongkok dengan harga sekitar $485 per ton CFR Jakarta. Seorang pedagang di Jakarta mengatakan bahwa harga ini setara dengan sekitar $470 per ton FOB, yang dianggap sebagai "harga normal". Namun, ia juga mencatat bahwa biaya pengiriman sebesar $16-17 per ton terbilang sangat rendah. Pada saat itu, penawaran pabrik Indonesia untuk billet 3sp 150mm adalah $495 per ton CFR Jakarta.
Sumber: ASEAN billet slides alongside Chinese prices | SEAISI
Tangshan billet prices lose ground on week
Harga billet di Tangshan, Provinsi Hebei, Tiongkok Utara, turun selama 15-19 Juli karena melemahnya harga berjangka rebar yang melemah selama akhir minggu lalu, menurut survei mingguan Mysteel. Responden survei menunjukkan bahwa fundamental semi-finished tetap lemah, meskipun ada sedikit penurunan dalam produksi billet dan peningkatan permintaan dari re-roller.
Pada 21 Juli, harga billet persegi Q235 150mm di Tangshan berdasarkan penilaian Mysteel, turun sebesar Yuan 30 per ton ($4,1 per ton) dibandingkan minggu sebelumnya menjadi Yuan 3.270 per ton EXW dan termasuk PPN 13%.
Sementara itu, konsumsi billet harian di antara 48 re-roller di Tangshan yang dipantau Mysteel selama periode 11-17 Juli meningkat sebesar 2.400 ton per hari dibandingkan minggu sebelumnya menjadi rata-rata 36.800 ton per hari, karena permintaan untuk semi-finished meningkat sedikit seiring kenaikan tingkat utilisasi kapasitas dari re-roller ini.
Sumber: Tangshan billet prices lose ground on week
Chinese HRC prices falter further in Vietnam
Harga hot rolled coil (HRC) asal Tiongkok di Vietnam tetap rendah minggu lalu, menurut Kallanish. Permintaan yang rendah dan sentimen pasar yang buruk masih terus berlanjut. Pendatang baru di pasar regional HRC yang berbasis di Indonesia, Dexin, mulai menawarkan harga yang dianggap terlalu tinggi oleh beberapa sumber.
Jumat lalu, 10.000 ton HRC grade Q235 dengan ketebalan 3-12mm dari Tiongkok untuk pengiriman akhir September diperdagangkan pada harga $513 per ton CFR Vietnam. Pemasok kemudian menaikkan penawaran di sore hari menjadi sedikit lebih tinggi, yaitu $514-515 per ton CFR, menurut sumber perdagangan Vietnam. “Tapi tidak ada pelanggan yang menerima,” kata seorang pedagang.
Harga HRC rerolling dari Tiongkok juga turun. Sedikitnya, ada pengiriman sebanyak 5.000 ton yang terdiri dari 50% HRC grade SAE 1006 ketebalan 2mm dipesan pada 17 Juli dengan harga $519 per ton CFR Vietnam. “Ini harga yang tinggi untuk volume kecil,” kata seorang pedagang di Hanoi.
Sumber: Chinese HRC prices falter further in Vietnam
European HRC prices remain unchanged despite weak outlook
Harga hot-rolled coil domestik Eropa tetap tidak berubah pada 23 Juli. Sumber memperkirakan pasar akan melemah secara signifikan pada bulan Agustus, terutama di Eropa Selatan, sebelum ada tanda-tanda penguatan.
“Pasar lesu,” kata sumber service center. “Tidak ada yang mencoba membeli atau menambah stok,”
Sumber mencatat bahwa, meskipun kondisi pasar masih lesu, permintaan mungkin meningkat setelah musim panas ketika stok mulai menipis dan permintaan membaik.
"Kami telah melihat situasi seperti ini sebelumnya," kata sumber tersebut. "Permintaan masih rendah, tetapi ada beberapa tanda pemulihan."
“Dari September hingga Oktober, harga mungkin akan kembali naik,” kata sumber dari service center lainnya. “Saat ini, tidak ada permintaan sama sekali.”
Namun, pemulihan permintaan kemungkinan akan tetap lambat karena kurangnya permintaan dari pengguna akhir secara keseluruhan, kata sumber.
Platts menilai harga HRC di Eropa Barat Laut sebesar Eur625 per metrik ton EXW Ruhr pada 23 Juli, stabil sepanjang hari itu. Harga yang dapat diperdagangkan dilaporkan berkisar antara Eur620-630 per metrik ton EXW Ruhr.
Sumber: European HRC prices remain unchanged despite weak outlook - EUROMETAL
EU HRC buyers look for alternatives to avoid safeguard duties
Para pembeli di pasar hot-rolled coil (HRC) Eropa mencari pasokan dari negara-negara yang tidak terkena tindakan pengamanan, karena harga domestik masih tertekan pada 18 Juli.
"Orang-orang mencari alternatif impor dari negara lain, seperti Indonesia, Turki, Mesir, dan sebagainya," kata seorang sumber distributor yang berbasis di Jerman. "Mereka tidak ingin mengambil risiko membeli dari negara-negara yang terkena tindakan pengamanan. Perusahaan-perusahaan dari negara alternatif ini berusaha memasuki pasar Eropa."
Platts menilai harga HRC impor di Eropa Selatan stabil pada hari itu di Eur590 per metrik ton CIF Italia.
Sebuah kesepakatan untuk impor HRC sebanyak 20.000-50.000 metrik ton dilaporkan pada harga Eur580 per metrik ton CFR Italia untuk material yang berasal dari Australia. Penawaran dilaporkan pada harga Eur600 per metrik ton CIF Italia untuk material yang berasal dari Asia, dan penawaran pada harga Eur620 per metrik ton CIF Italia untuk material yang berasal dari Turki.
Sumber: EU HRC buyers look for alternatives to avoid safeguard duties - EUROMETAL
GCC pipemakers observe ex-China HRC price slide
Produsen pipa di Gulf Cooperation Council mencatat penawaran hot-rolled coil grade pipe making dari Tiongkok untuk pengiriman akhir Agustus dan September telah turun sebesar $7-10 per ton minggu ini. HRC grade re-rolling untuk pengiriman September dari Tiongkok dan pengiriman Oktober dari Jepang dan Taiwan tetap stabil minggu ini, menurut Kallanish.
Dua minggu lalu, sebuah re-roller di kawasan tersebut memesan 25.000 ton HRC grade re-rolling dari perusahaan besar Jepang. Pesanan tersebut mencakup beberapa grade baja struktural, dengan biaya rata-rata $555 per ton untuk pengiriman September. Pesanan lain dari re-roller dilakukan dengan pabrik terkemuka di Tiongkok untuk 10.000 ton HRC grade SAE 1006 dengan berbagai ketebalan, dengan harga rata-rata $558 per ton untuk pengiriman pada akhir Agustus.
Sumber: GCC pipemakers observe ex-China HRC price slide | SEAISI
Global rebar prices mostly stabilized in July
Harga rebar global tetap stabil di sebagian besar wilayah utama sejak awal Juli. Stagnasi pasar ini disebabkan oleh penurunan permintaan baja. Pada saat yang sama, pasar Tiongkok mengalami dinamika harga yang negatif di tengah perubahan standar nasional.
Harga rebar di Turki tetap stabil pada kisaran $575-580 per ton FOB selama 1-19 Juli. Secara umum, pasar telah stagnan sejak pertengahan Mei, dengan harga tidak melebihi $580 per ton dan tidak turun di bawah $570 per ton.
Harga rebar Turki tetap stabil dalam jangka waktu yang lama di tengah permintaan domestik dan ekspor yang lemah. Pada saat yang sama, harga scrap tetap pada tingkat yang tidak memungkinkan penurunan harga rebar meskipun permintaan sedang lesu. Di sisi lain, situasi ini menahan pembeli yang dapat menjadi lebih aktif jika harga rebar turun. Meskipun pasar mendesak adanya diskon untuk long product, produsen tidak bisa memberikannya karena tingginya harga scrap yang akan menyebabkan kerugian.
Sumber: Global rebar prices mostly stabilized in July
NBS: Local Chinese rebar prices down 1.1 percent in mid-July
Pada pertengahan Juli (11-20 Juli) tahun ini, harga rata-rata rebar HRB 400 dengan diameter 16-25mm di Tiongkok turun sebesar RMB 37,1 per metrik ton ($5,2 per metrik ton) atau 1,1% menjadi RMB 3.465,5 per metrik ton ($486 per metrik ton), dibandingkan dengan harga pada awal Juli (1-10 Juli), sebagaimana diumumkan oleh National Bureau of Statistics Tiongkok.
Selama periode tersebut, harga rata-rata untuk wire rod, medium plate, hot-rolled coil (HRC), dan angles masing-masing turun sebesar 0,7%, 1,0%, 1,1%, dan 0,3% dibandingkan dengan awal Juli. Sementara itu, harga rata-rata seamless steel pipe tetap stabil.
Sumber: NBS: Local Chinese rebar prices down 1.1 percent in mid-July
Weak fundamentals pressure US rebar prices
Harga rebar domestik AS turun minggu ini karena pasar skrap AS yang tidak menentu, aktivitas bisnis yang lesu, dan pasokan bahan bangunan yang kurang, menurut Kallanish dari para pelaku pasar.
Harga untuk rebar domestik AS #4 sepanjang 20 kaki telah turun ke kisaran baru sebesar $750-770 per short ton, dari $760-780 per short ton pada minggu lalu. Ini merupakan level terendah sejak Januari 2021.
Sementara itu, sebagian pelaku pasar memperkirakan harga akhirnya akan naik akibat lambatnya arus masuk scrap ke tempat penyimpanan, tetapi sebagian lainnya tidak memperkirakan hal ini akan terjadi karena penurunan harga hot-rolled coil yang terus berlanjut di tengah permintaan yang lesu.
Sumber: Weak fundamentals pressure US rebar prices
Spain’s rebar market shows good momentum before shutdowns
Harga rebar di Spanyol mengalami kenaikan setelah stabil selama sebulan. Kenaikan ini terjadi menjelang rencana penghentian produksi di pabrik-pabrik besar, menurut informasi dari beberapa sumber pasar yang diterima Kallanish.
"Permintaan lokal sedang dalam momentum yang baik, didorong oleh proyek-proyek swasta setelah beberapa bulan yang tenang. Proyek-proyek infrastruktur publik yang besar juga telah dilanjutkan, dan Juli tampaknya akan menjadi salah satu bulan terbaik tahun ini untuk penjualan long product," kata seorang distributor.
Menurut sumber lain, kenaikan harga terbaru sebesar €15-20 per ton ($16,3-21,7) dipicu oleh absennya produsen Spanyol dari pasar dalam beberapa minggu mendatang. “Pabrik-pabrik besar lokal menutup kesepakatan pada tingkat yang lebih tinggi menjelang penghentian tahunan mereka pada bulan Agustus. Tingkat harga baru ini mungkin bertahan hingga akhir musim panas,” komentar seorang penjual.
Sumber: Spain’s rebar market shows good momentum before shutdowns - EUROMETAL
ArcelorMittal increases long prices: sources
Menurut sumber pasar, ArcelorMittal mengumumkan kenaikan harga untuk long products di seluruh Eropa. Keputusan ini didorong oleh meningkatnya biaya produksi dan kebutuhan untuk mendapatkan kembali profitabilitas, menurut Kallanish.
Menurut para pelaku pasar, produsen baja ini menaikkan harga untuk semua komoditas long product, seperti rebar, beams, dan wire rod, sebesar €20 per ton ($21) di atas harga bulan Juni. Menurut seorang sumber, kenaikan biaya listrik di seluruh Eropa dan ferroalloy telah mempengaruhi biaya produksi secara signifikan. Analisinya menunjukkan bahwa permintaan berada pada tingkat yang baik, dan penjual di Eropa melihat ada peningkatan permintaan pada bulan Juli. Banyak pelanggan yang sedang menambah stok mereka sebelum pabrik-pabrik tutup pada bulan Agustus di berbagai negara Uni Eropa.
Kenaikan ini akan berlaku segera. Harga telah mengalami peningkatan signifikan sebesar 25% dari Mei hingga Juni, dan diperkirakan tren kenaikan ini akan berlanjut hingga Juli.
Sumber: ArcelorMittal increases long prices: sources | SEAISI
Growth in Chinese exports leads to a drop in global steel prices
Meningkatnya kapasitas manufaktur Tiongkok mengancam negara-negara berkembang.
Pertumbuhan ekspor baja dari Tiongkok menyebabkan penurunan harga baja global, dan kelebihan produksi di Tiongkok terus berlanjut. Hal ini dilaporkan oleh Nikkei Asia.
Menurut perusahaan-perusahaan baja besar, harga hot-rolled coil di pasar Asia Tenggara turun tajam dari sekitar $700-900 per ton (termasuk biaya pengiriman) pada 2021 hingga pertengahan 2022 menjadi sekitar $510-520 per ton karena peningkatan ekspor dari Tiongkok.
Terakhir kali ekspor produk baja Tiongkok meningkat tajam, hal ini melandasi pembentukan Global Forum on Steel Overcapacity (GFSEC) pada tahun 2016.
Pada tahun 2019, Tiongkok menarik diri dari GFSEC, dengan mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan misinya. Sejak saat itu, kapasitas produksi negara tersebut, yang sempat menurun sejak tahun 2016 hingga 2018, mulai kembali meningkat.
Sumber: Growth in Chinese exports leads to a drop in global steel prices
Iranian mills postpone billet shipents and power cuts
Pembeli billet Iran telah diberitahu oleh pabrik bahwa kontrak mereka untuk pengiriman awal Agustus akan tertunda hingga pertengahan September, yang berarti terjadi penundaan selama 45 hari, catat Kallanish.
Banyak pabrik yang menggunakan jalur EAF terkena dampak pemadaman listrik tahun ini. Tahun lalu, pasokan listrik dikelola dengan lebih baik dan listrik tersedia untuk pabrik secara bergiliran sepanjang bulan. Namun, tahun ini, pabrik-pabrik di beberapa negara bagian telah sepenuhnya ditutup.
Esfahan Steel Company adalah satu-satunya pabrik blast furnace di Iran dan karenanya menjadi pabrik yang paling tidak terpengaruh oleh pengurangan pasokan listrik.
Seorang pedagang mengatakan, "Tidak ada tender baru, tidak ada kargo yang tersedia. Produsen menunda pengiriman selama hampir 45 hari, dengan mengutip klausul force majeure dalam kontrak akibat pemadaman listrik."
Sumber: Iranian mills postpone billet shipments amid power cuts
US scrap market debates August prices, decline unlikely
Menjelang perdagangan bulan Agustus, ekspektasi terhadap harga skrap terlihat berbeda di pasar domestik AS. Namun, para pelaku pasar memperkirakan harga akan stabil atau naik, tanpa ada yang memperkirakan penurunan harga.
Sementara itu, beberapa pelaku pasar memperkirakan harga akhirnya akan naik karena lambatnya arus masuk scrap ke tempat penyimpanan, sementara yang lainnya merasa hal ini tidak mungkin terjadi karena harga coil yang terus turun di tengah permintaan yang lemah.
Seorang pedagang scrap mengatakan kepada Kallanish: “Pasokan terbatas! Jika pabrik ingin memenuhi kebutuhan mereka, mereka harus membayar lebih. Jika mereka menunda pembelian dan membatasi jumlahnya, harga mungkin tidak berubah selama perdagangan bulan Agustus tetapi akan mengalami kenaikan yang lebih tajam pada bulan September.”
Sumber: US scrap market debates August prices, decline unlikely | SEAISI
Turkish scrap remains stable amid weak activity
Pabrik-pabrik di Turki mempertahankan harga pembelian scrap domestik mereka tidak berubah sejak minggu lalu, di tengah stabilitas lira terhadap mata uang lain yang tidak terlihat selama bertahun-tahun, menurut Kallanish.
Sementara itu, nilai scrap impor juga tetap stabil untuk periode yang sangat lama, dengan kekuatan pasar yang seimbang dan hanya menyisakan sedikit ruang untuk pergerakan naik atau turun.
Ada rumor tentang tiga pemesanan scrap dari laut dalam di pasar pada hari Rabu. Namun, tidak ada yang dikonfirmasi sebelum batas waktu. Rumor tersebut mencakup pemesanan HMS 1&2 80:20 asal AS seharga $389,5 per ton CFR Turki, HMS 1&2 80:20 asal Denmark seharga $392 per ton CFR, dan HMS 1&2 80:20 asal Inggris seharga $388 per ton CFR.
Sumber: Turkish scrap remains stable amid weak activity
Steel consumption in China will reach 900 million tons in 2024 – forecast
Konsumsi baja di Tiongkok diperkirakan akan turun menjadi sekitar 900 juta ton tahun ini dan kemungkinan akan tetap pada tingkat ini selama beberapa tahun ke depan. Hal ini dinyatakan oleh Wang Yingsheng, kepala ekonom China Iron and Steel Association (CISA), selama konferensi semi-tahunan Mysteel.
Menurut perkiraannya, total apparent steel consumption di negara tersebut pada tahun 2024 kemungkinan tidak akan melebihi 910 juta ton atau bahkan turun di bawah 900 juta ton. Namun, angka tersebut pasti akan tetap lebih rendah dari 933,4 juta ton yang tercatat pada tahun 2023.
Pada Januari-Juni tahun ini, apparent steel consumption di Tiongkok mencapai 478,7 juta ton, turun 3,3% yoy.
Penurunan indikator ini juga memberikan tekanan signifikan pada pabrik baja: margin keuntungan rata-rata dari penjualan di antara pabrik anggota CISA turun menjadi 0,99% selama 5 bulan, sementara pada tahun 2023 rata-ratanya 1,38%.
Sumber: Steel consumption in China will reach 900 million tons in 2024 – forecast
Policies
China to review anti-dumping measures on stainless steel imports
Kementerian Perdagangan Tiongkok mengatakan pada hari Senin bahwa mereka akan melakukan tinjauan akhir terhadap tindakan anti-dumping atas impor billet stainless steel dan hot-rolled stainless steel plate dari Uni Eropa, Inggris, Korea Selatan, dan Indonesia.
Tinjauan ini bertujuan untuk memastikan apakah menghentikan tindakan anti-dumping akan menyebabkan impor dari negara-negara tersebut kembali melakukan dumping yang merugikan industri baja domestik Tiongkok. Pengumuman ini disampaikan melalui sebuah pernyataan resmi oleh kementerian.
Keputusan ini diambil sebagai tanggapan atas permintaan dari beberapa pabrik stainless steel di Tiongkok.
Investigasi ini dimulai pada hari Selasa dan dijadwalkan selesai sebelum tanggal 23 Juli tahun depan.
Sumber: China to review anti-dumping measures on stainless steel imports | SEAISI
Indian steelmakers call for measures against rising steel imports
Industri baja India meminta langkah-langkah untuk membatasi impor produk baja yang terus meningkat. Hal ini dinyatakan oleh Jayant Acharya, Kepala Eksekutif JSW Steel, menurut Economic Times.
CEO JSW Steel mengungkapkan kekhawatirannya tentang dampak peningkatan impor baja terhadap produsen India. Meskipun permintaan lokal kuat, peningkatan tajam dalam pasokan, terutama dari negara-negara yang telah menandatangani perjanjian perdagangan bebas, menimbulkan ancaman terhadap investasi dalam perluasan kapasitas yang direncanakan oleh para produsen baja negara tersebut.
Dengan keuntungan yang menurun pada bulan April-Juni tahun ini, industri baja mencari tindakan pengamanan perdagangan untuk mengatasi tantangan tersebut.
JSW Steel memperkirakan ekspornya akan mencapai 10-15% dari total penjualan tahun ini, tetapi pasar internasional saat ini sedang lesu.
Sementara itu, ArcelorMittal Nippon Steel India, menurut Reuters, meminta pemerintah untuk mengambil tindakan pembatasan impor baja.
Sumber: Indian steelmakers call for measures against rising steel imports
Technology & Environment
Hyundai steel expands its low-carbon steel sales network
Produsen baja Korea Selatan, Hyundai Steel, memperluas basis penjualan pelat baja rendah karbonnya di pasar internasional seperti Eropa dan Amerika, sebagai respons terhadap permintaan global untuk netralitas karbon dan Carbon Border Adjustment Mechanism (CBAM) Eropa. Hal ini dilaporkan oleh The Korea Herald.
Perusahaan tersebut baru-baru ini menandatangani nota kesepahaman dengan produsen suku cadang otomotif asal Ceko, Tawesco, dan perusahaan pengolahan lembaran otomotif asal Italia, Eusider, untuk memasok pelat baja rendah karbon. Perusahaan-perusahaan ini memasok material ke produsen otomotif besar Eropa seperti Volkswagen dan Stellantis. Hyundai Steel dan para pelanggannya diharapkan mulai menguji suku cadang baja rendah emisi pada bulan September tahun ini.
Kerja sama yang diumumkan ini sejalan dengan investasi perusahaan Korea Selatan tersebut dalam produksi pelat baja rendah karbon di Dangjin Steel.
Sumber: Hyundai Steel expands its low-carbon steel sales network
China on track to enroll more sectors in national carbon market
Tiongkok akan meningkatkan upaya untuk memasukkan industri-industri utama yang menghasilkan emisi karbon, seperti pembuatan baja, semen, dan peleburan aluminium ke dalam pasar perdagangan emisi karbon nasional, kata Huang Runqiu, Menteri Ekologi dan Lingkungan, dalam sebuah konferensi pada 21 Juli.
"Pasar karbon Tiongkok beroperasi dengan stabil dan teratur secara keseluruhan," ringkas Huang.
Volume perdagangan kumulatif dari carbon emission allowances (CEA) di pasar mencapai 465,7 juta ton, dengan nilai total mendekati Yuan 27 miliar ($3,7 miliar) hingga 22 Juli, menurut data terbaru dari Shanghai Environment and Energy Exchange, tempat perdagangan pasar karbon nasional.
Sumber: China on track to enroll more sectors in national carbon market
Germany’s H2 import strategy criticised for blue H2
Environmental Action Germany telah mengkritik strategi impor hidrogen yang akan datang dari pemerintah Jerman, meminta “komitmen yang jelas” terhadap hidrogen hijau, menurut Kallanish Power Materials.
Pemerintah Jerman berencana untuk mengungkap strategi impor hidrogen minggu ini. Menteri Ekonomi, Robert Habeck, mengatakan minggu lalu bahwa beberapa jaringan pipa dapat digunakan untuk mengimpor hidrogen ke negara itu, termasuk dari Denmark, Norwegia, dan Inggris. Pemerintah juga mempertimbangkan impor melalui jaringan pipa di masa depan dari Prancis dan Spanyol, serta dari negara-negara Afrika utara, kemungkinan melalui Italia.
Menurut rancangan strategi impor hidrogen yang dilihat oleh media lokal, negara tersebut memperkirakan permintaan hidrogen sebesar 360 hingga 500 terawatt hours (TWh) pada tahun 2045. Meskipun Jerman ingin mengimpor hanya hidrogen hijau dalam jangka panjang, strategi tersebut pada awalnya memungkinkan impor hidrogen rendah karbon, termasuk hidrogen biru yang berasal dari gas alam.
Sumber: Germany’s H2 import strategy criticised for blue H2
Nucor and Cleveland-Cliffs ask for more protection against steel exports from Mexico
Nucor Corp. dan Cleveland-Cliffs, dua perusahaan baja terbesar di Amerika Serikat, mendesak pemerintahan Biden atau pemerintahan berikutnya untuk memberlakukan lebih banyak pembatasan perdagangan terhadap Meksiko guna mencegah negara-negara seperti Tiongkok menghindari pembatasan tarif baja di bawah Section 232 dari Trade Expansion Act, menurut laporan pers.
“Kami berpikir langkah pertama yang diambil pemerintahan beberapa minggu lalu dengan Meksiko adalah langkah awal yang baik, tetapi itu belum cukup,” kata Leon Topalian, CEO Nucor Corp., dalam sebuah konferensi dengan investor, menurut laporan dari pers lokal Meksiko yang mengutip agen Bloomberg.
“Anda akan melihat Nucor terus menyuarakan pendapatnya di Washington, terlepas dari pemerintahannya, untuk menciptakan level playing field yang melindungi industri ini dari baja yang masuk secara ilegal dan disubsidi yang tiba di pantai Amerika Serikat,” tambah CEO perusahaan baja terbesar di Amerika Serikat.
Sumber: Nucor and Cleveland-Cliffs ask for more protection against steel exports from Mexico
Investment
Brazil launches program to support decarbonization projects
Ministry of Development, Industry, Commerce, and Services (MDIC) Brasil membuka panggilan publik untuk proposal proyek dekarbonisasi di sektor baja dan semen.
Proposal yang terpilih akan mendapatkan dana sebesar $4,0 juta. Proses seleksi akan dilakukan oleh Brazilian Industry Decarbonization Hub, bekerja sama dengan program UK Partnering to Accelerated Climate Transitions (UK PACT) dari Inggris dan Ministry of Mines and Energy (MME) Brasil.
Untuk industri baja, kompetisi akan mencakup proyek-proyek yang membantu menyediakan solusi keuangan dan akses kredit untuk mendukung industri dalam upaya dekarbonisasi mereka.
Sumber: Brazil launches program to support decarbonization projects